Cara Megatasi Masalah RAM dan CPU Usage di Windows 7

ram

Seperti yang kita tahu, semakin besar memori RAM, semakin cepat juga kinerja kerja Windows. Semakin rendah tingkat CPU Usage, semakin baik pula kinerja Windows. Namun kali-kali ini banyak masalah yang datang melanda Windows, khususnya masalah RAM dan CPU Usage. Bnyak orang mengeluh bahwa Windows mereka sangat lambat, berat, macet, dan lainnya. Kebanyakan dibuat oleh virus, dan sebagian lainnya bisa jadi dibuat dari Windows yang salah menjalankan file atau aplikasi. Contohnya saja seperti program explorer.exe dan svchost.exe yang paling berperan besar dalam memperberat kinerja komputer dan memakan banyak sekali memori RAM. Saya sudah mengumpulkan menjadi satu post yang akan membahas sekaligus mengatasi masalah RAM dan CPU Usage berikut.

RAM

RAM merupakan bagian terpenting dari sebuah komputer. Andaikan saja jika tidak ada RAM yang terpasang di komputer. Menjalankan program saja tidak bisa. Maka dari itu, kita harus memiliki RAM dengan memori yang cukup besar seperti 2 GB - 4 GB sudah sangat cukup membuat Windows berjalan optimal. Disini yang berperan besar memberatkan memori RAM adalah svchost.exe yang bisa menggunakan memori RAM hingga 200 - 1000 MB. Proses yang diunggulkan svchost.exe dalam memakan memori RAM adalah Windows Update dan Search Indexing yang dimana dapat membuat Windows 7 sangat lambat. Berikut solusinya.

1. Cari dan buka Services melalui tombol Start.

2. Jika sudah, scroll kebawah dan cari Windows Update. Klik kanan pada Windows Update, lalu klik Properties.
ram2

3. Pada bagian Startup Type, ubah menjadi Disabled.
ram3

4. Buka Start, lalu cari buka Programs and Features.
ram4

5. Pada sidebar kiri, klik Turn Windows features on or off.
ram5

6. Jika sudah terbuka, hilangkan centang pada Indexing Service.
ram6

7. Klik OK, lalu pilih Restart Later.


CPU Usage

CPU Usage merupakan pemberitahuan seberapa besar proses yang menggunakan perangkat-perangkat keras dari motherboard, dan perangkat keras lainnya. Semakin besar CPU Usage, semakin lambat kinerja program-program lannya. Dalam masalah ini, yang paling banyak memakan CPU Usage adalah explorer.exe. Explorer.exe disini selain memakan CPU Usage, juga dapat memakan memori RAM. Biasanya explorer.exe mulai memakan CPU Usage ketika kita membuka video berformat *.flv, karena explorer.exe akan menjalankan shmedia.dll yang dapat memakan CPU Usage. Berikut solusi mengenai explorer.exe.

1. Buka Regedit melalui tombol Start.
cpusage1

2. Lalu arahkan ke:
HKEY_CLASSES_ROOT\CLSID\{c5a40261-cd64-4ccf-84cb-c394da41d590}\InProcServer32

cpusage2
3. Hapus folder InProcServer32.
cpusage3

4. Tutup semuanya dan restart Windows, dan coba perubahannya.




G+