Cara Agar Blogspot.com Tidak Teredirect Ke Blogspot.sg




Cara Mudah agar alamat blog di Blogspot.com tidak Ke Redirect ke Blogspot.sg atau ccTLD yang lainnya.

Mungkin sobat blogger yang memakai SSH pasti pernah mengalami hal aneh saat mengunjungi blog sobat sendiri ataupun blog yang lainnya terutama pada alamat nya. Yaps, saat mengunjungi blog tersebut, alamat subdomain blog yang biasanya blogspot.com , berubah menjadi blogspot.sg / blogspot.au atau pun yang lain sebagainya sesuai dengan Server SSH yang di gunakan.


Apa Alasannya ?


Alasannya begini, sejak tanggal 31 Januari 2012, Google meluncurkan sebuah program yang bernama Country Specific Domain Redirection. Program tersebut berfungsi untuk meredirect alamat subdomain Blogger.com ke subdomain blogger yang menyesuaikan wilayah atau negara tertentu. 

Contoh, alamat blog saya adalah Miqbal20.blogspot.com , tetapi saat ada orang Singapura atau orang yang menggunakan IP Singapura (SSH) mengakses blog saya, maka secara otomatis subdomain blog akan teredirect menjadi Miqbal20.blogspot.sgHal tersebut di lakukan oleh Google dikarenakan untuk mempermudah dalam proses pemblokiran artikel atau konten dalam blog yang menurut Google melanggar hukum  yang berlaku di negara yang tersebut.

Lalu Apa Dampak Negatifnya ?


Sebenarnya Program Redirect ini tidak mempegaruhi Trafik blog kita, cuma Alexa Rank nya saja yang akan lebih susah untuk ramping atau bahkan akan menggemuk. Hal tersebut di karenakan salah satu sistem perangkingan Alexa adalah dengan melihat besar - kecil nya trafik yang masuk kedalam satu blog (subdomain) saja. Jadi jika Trafik kita sebagian besar adalah orang luar atau kita analogikan saja adalah orang singapura. Maka yang ramping bukan alamat blog sobat yang bersubdomain blogspot.com tapi alamat blog sobat yang menggunakan domain blogspot.sg. 

Contoh nya rangking salah satu dari blog saya di bawah ini.


hm-id rangking

hm-id rangking

Yang lebih ramping malah yang hm-id.blogspot.sg , yang hm-id.blogspot.com malah lebih rendah rangking nya.


Lalu Bagaimana Cara mengatasinya ?



Sebenarnya caranya cukup mudah, sobat tinggal menambahkan script dibawah ini, di atas </head> ataupun dibawah <head>

<script type='text/javascript'>
var blog = document.location.hostname;
var slug = document.location.pathname;
var ctld = blog.substr(blog.lastIndexOf("."));
if (ctld != ".com") {
var ncr = "http://" + blog.substr(0, blog.indexOf("."));
ncr += ".blogspot.com/ncr" + slug;
window.location.replace(ncr);
}
</script>

Script diatas berfungsi untuk meredirect ulang dari domain ccTLD ke domain awal yaitu blogspot.com. Atau bisa dibilang fungsi script diatas untuk mencegah terjadinya proses teredirectnya subdomain blogspot ke domain ccTLD.

Mungkin cuma itu yang bisa saya share pada kesempatan kali ini, kurang lebihnya mohon maaf, jika ada pertanyaan silahkan layangkan saja di kotak komentar.... :D

G+